Senin, 14 Januari 2019

Cara Menguatkan Otot Ligamen setelah Cedera Lutut

Posted by Shinobi Batuahku on Senin, 14 Januari 2019

Cedera lutut merupakan sebuah masalah kesehatan yang menyerang bagian sendi. Cedera ini dapat terjadi karena disebabkan oleh banyak faktor. Salah satu yang terjadi ketika cedera adalah Anda akan merasakan nyeri pada bagian lutut dan berlangsung dalam waktu lama. Saat cedera lutut penting untuk melakukan gerakan yang dapat menguatkan otot ligamen.

Meluruskan Kaki
Gerakan sederhana yang dapat dilakukan adalah meluruskan kaki untuk mengurangi ketegangan pada lutut. Cara melakukan gerakan ini dengan meluruskan kaki ke bagian lantai lalu angkat kaki tetap dalam posisi lurus. Lakukan gerakan ini dengan tertidur. Ulangi 10 hingga 15 kali atau semampu Anda.

Jijit Kaki
Gerakan yang juga dapat dilakukan untuk melatih otot ligamen adalah melakukan gerakan menjijit kaki. Caranya dengan berdiri dan berpegangan tangan pada kursi atau dinding. Angkat kaki yang tidak mengalami cedera dan biarkan tubuh ditahan oleh kaki yang mengalami cedera. Tahan beberapa detik sesanggup yang Anda bisa dan lakukan secara berulang.

Menekuk Kaki
Menekuk kaki merupakan gerakan yang dilakukan dengan cara menelungkup. Gerakan ini dilakukan perlahan-lahan dengan mengangkat bagian tumit  mendekati bokong seberapa yang disanggupi. Tahan posisi tersebut sampai beberapa saat lalu tekukan kaki ke belakang. Lakukan berulang kali pada pagi dan sore hari. 

Gerakan Menyamping
Anda juga dapat melatih otot ligamen setelah mengalami cedera lutut dengan melakukan gerakan menyamping. Gerakan ini dilakukan dengan posisi tidur menyamping di mana kaki yang cedera berada di bagian atas. Luruskan kaki yang mengalami cedera kemudian angkat setinggi 45 derajat. Tahan sesanggup yang Anda bisa dan lakukan berulang kali.

Gerakan Menekan kaki
Selanjutnya dengan melakukan gerakan menekan kaki. Anda memerlukan media kursi yang ukurannya tidak melebihi lebar ukuran bahu. Letakkan kursi di depan Anda, kemudian bentuk kaki membentuk sudut 90 derajat. Setelah itu dorong kursi yang akan membuat bagian lutut tertekan. Lakukan perlahan-lahan sampai kaki Anda menyatu.

Gerakan Menyilangkan Kaki
Anda juga bisa melakukan latihan dengan menyilangkan kaki. Gerakan ini dilakukan dengan posisi kaki disilangkan, tangan diangkat ke atas, kemudian miringkan tubuh ke kiri dan kanan secara bergantian. Pada saat melakukan gerakan ini, posisi lutut tetap dalam keadaan lurus tanpa ditekuk.
Ulangi gerakan ini secara bergantian dan lakukan dengan rutin. Lakukan perlahan-lahan dan sesanggup yang Anda bisa. Jangan terlalu dipaksakan karena dapat berisiko pada kaki. Gerakan ini bisa Anda lakukan setelah mampu untuk berdiri sendiri.

Masalah cedera lutut ini tidak bisa diabaikan, terutama saat kondisinya sudah membengkak dan mulai terlihat memar. Anda perlu segera melakukan pengobatan sebelum kondisi semakin parah. Tidak perlu bingung, Anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter yang ada di dokter.my untuk mendapatkan solusi dari cedera yang dialami.

Previous
« Prev Post